oleh

Berharap Tradisi Maulid Nabi Dipertahankan

MAJALENGKA – Padepokan Nur Sedjati, Desa Sumber Kulon, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan maulid nabi. Ketua Padepokan Nur Sedjati, Uyut Suhenda mengatakan, tahun ini berbagai persiapan dilakukan untuk menarik pengunjung. Salah satunya dengan membuat artistik bambu yang eksotis.

Digelar  tiga hari, peringatan Maulid Nabi berakhir Minggu (10/11) malam. Berbagai acara serta hiburan digelar mulai dari jamas tosa aji (cuci pusaka), salawat bareng Gus Aldi (Karawang), parade band bareng Varid Putra Mbah Surip, Ocoll Dhut, Ayu Dermayu, Ajay Ramdani, Hendy Deles Putra, Tya, dan di penghujung kegiatan ada acara panjang jimat yang dihadiri berbagai komunitas baik dalam negeri maupun mancanegara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri berbagai tokoh serta pejabat penting di Majalengka seperti Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, Ketua Kadin H Budi Victoriyadi, Kadisparbud H Gatot Sulaiman, serta muspika Jatitujuh.

Kegiatan yang diselenggarakan tiga hari tiga malam ini diharapkan bisa dipertahankan masyarakat Sumber Kulon. Pasalnya dari tahun ke tahun, wilayah Sumber terkenal dengan muludannya. Namun dengan bergesernya zaman seolah-olah pengunjung mulai berkurang.

“Sehingga kami kemas acara sedemikian rupa untuk menarik pengunjung,” ujar Uyut Suhenda selaku Ketua Yayasan Al Awaliyah Padepokan Nur Sedjati.

Sementara itu kepala desa terpilih, Kibagus Wardilah mendukung acara ini. Menurutnya, dengan diadakannya acara ini mampu mengembangkan potensi khususnya masyarakat Desa Sumber.

“Kegiatan ini bagus. Kami sangat mendukung untuk terus digelar setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara Komandan Rayon Militer 1714/Jatitujuh, Kapten Inf Imam Burhan SH yang menutup kegiatan tersebut memberikan sebuah cendramata untuk yayasan/padepokan tersebut.

“Saya pribadi sangat terkesan dengan acara seperti ini. Sudah sepatutnya kita dukung dan apresiasi baik dari pejabat setempat maupun masyarakatnya,” imbuhnya.

Diharapkan yayasan/padepokan terus berkembang menjadi salah satu organisasi yang bisa meningkatkan SDM masyarakat khususnya di Kecamatan Jatitujuh. (ono)

News Feed