oleh

Lurah Cicenang Lantik Ketua RT 16 Lamejajar

MAJALENGKA– Ketua RT 16 Lingkungan Lamejajar, Kelurahan Cicenang, Kecamatan Cigasong dilantik dan diambil sumpahnya oleh Lurah Cicenang, Dudung SPd MSi, Jumat (8/11). Pengambilan sumpah disaksikan oleh Muspika Cigasong dan ratusan warga setempat.

Lurah Dudung menjelaskan Didi Junaedi (45) berhasil menjadi Ketua RT 16 Lingkungan Lamejajar setelah memenangkan pemilihan secara demokratis yang diikuti oleh 3 calon. Dikatakan, pemilihan dilakukan mengingat ketua RT sebelumnya, Sukandi memilih untuk mengundurkan diri karena faktor usia.

“Kami berikan piagam penghargaan kepada mantan RT dan kami melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua RT baru untuk mendongkrak kinerja pemerintahan agar lebih baik,” kata Lurah Dudung kepada Radar Majalengka, kemarin (11/11).

Dibeberkan dia, pelantikan yang dihadiri ratusan warga diwarnai dengan seremonial seperti pelantikan kepala desa dan ditandai menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ia merasa terharu karena para warga lanjut usia ikut menyanyikan lagu wajib nasional tersebut.

Dijelaskan, sesuai dengan Permendagri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Lembaga Permasyarakatan bahwa RT/RW bertugas membantu penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan. Diakuinya Ketua RT/ RW merupakan ujung tombak pelaksanaan program pembangunan. Ia pun berharap Ketua RT/RW bisa sinergis dan mendukung program kerja kelurahan/desa dengan baik.

“Adanya pelantikan ketua RT ini merupakan inovasi untuk memotivasi dan menambah kinerja sebagai parner kerja aparat kelurahan,” beber Lurah Dudung.

Dijelaskan dia, para ketua RT mendapatkan insentif sebesar Rp250 ribu setiap bulannya. Sementara untuk ketua RW sebesar Rp300 ribu per bulan dari APBD Kabupaten Majalengka.

Sementara Camat Cigasong Saleh SSos mengapresiasi pelantikan ketua RT di Kelurahan Cicenang. Hal ini diharapkan bisa memotivasi dan mendongkrak peningkatan kinerja ketua RT terpilih.

“Semoga adanya pelantikan para ketua RT bisa menjadi inspirasi dan diikuti desa/kelurahan lainnya di Kecamatan Cigasong,” harapnya.

Seorang tokoh warga setempat Olih Rohanudin mengapresiasi pelantikan Ketua RT untuk pertama kalinya di lingkungannya itu. Ia berharap dengan pelantikan ini, ada rasa bangga dan semangat tinggi bagi RT yang dilantik.

“Kami berterima kasih kepada pak Lurah yang sudah melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatannya ketua RT terpilih,” ujarnya. (ara)

News Feed