oleh

Dam Ciwayang Potensial Datangkan Pendapatan Desa

MAJALENGKA– Saluran sungai Dam Ciwayang  di Dusun Tengah Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah   Kabupaten Majalengka hampir setiap sore  dipenuhi warga. Terutama, anak- anak  yang mandi dan bermain di sungai  yang airnya mengalir cukup deras dan bersih.

Tokoh masyarakat di Desa Sindanghaji, Dodi Jaya SPd menyebutkan, setiap hari, mulai setelah  Ashar  anak-anak datang ke lokasi Dam Ciwayang.  “Selain anak-anak  bisa mandi gratis, juga tersedia ban,  permainan  kuda, odong-odong dan lainnya,” tutur Dodi kepada Radar, kemarin.

Menurut Dodi, air sungai saluran Dam Ciwayang  masih tergolong bersih, ditambah pemandangan sawah yang menghijau sehingga sedap dipandang mata. Indah untuk berswaphoto.

Dodi menilai, lokasi tersebut merupakan salah satu potensi Sindanghaji yang menggabungkan kawasan bumi perkemahan dengan pengairan sekitar Ciwayang. “Kalau dikelola dengan baik bisa mendatangkan pendapatan desa,” ujar Dodi.

Hanya saja, ia  mengkhwatirkan  dengan jumlah pengunjung yang  tiap hari membeludak  pada masa pandemi Covid-19  ini, yang seharusnya protokoler kesehatan tetap diberlakukan. “Kami berharap ada upaya yang dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona oleh pihak terkait,” harapnya.

Seorang pengunjung asal Blok Langgoko Desa Waringin, Lala mengaku cukup senang dan menikmati mandi di saluran sungai Dam Ciwayang dengan gratis tersebut. (ara)

News Feed