oleh

Pelatih Sepak Bola Ikuti Pra Lisensi Pelatih

MAJALENGKA- Untuk kali pertama, Askab PSSI Majalengka menggelar kegiatan pra lisensi pelatih sepak bola, Sabtu (11/7) dan Minggu (12/7). Pelaksanaan pembukaan oleh Kadispora diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Ohim Durohim SPd. Pemberian teori kepelatihan dilaksanakan di Wisma Puri Dian Kelurahan Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka dan praktik lapangan dilaksanakan di Stadion Warung Jambu Majalengka.

Ketua Askab PSSI Majalengka, H Asep Mulyana Muslim SE menyatakan sebanyak 35 peserta yang merupakan pelatih sepakbola di Perkumpulan Sepakbola (PS) dan Sekolah Sepakbola (SSB) se- Kabupaten Majalengka mengikuti Pra Lisensi D. Ditegaskan Asep klub sepakbola yang terdaftar resmi di Asprov PSSI Jabar di Kabupaten Majalengka hanya dua yakni Persima yang merupakan klub liga III seri 1 dan Klub Madala yang masuk liga 3 seri 2. Sedangkan anggota Askab PSSI Majalengka disebut Perkumpulan Sepakbola (PS) dan yang selevel PS atau di bawahnya adalah SSB.

“Kami akan melakukan verifikasi kepada SSB dan syarat untuk menjadi harus memiliki pelatih yang berlisensi atau pra lisensi,” kata Asep kepada Radar di sela pelatihan di Stadion Warung Jambu, kemarin.

Menurut Asep, pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini Askab PSSI Majalengka secara swadaya mengadakan kepelatihan pelatih sepabola dengan instruktur berlisensi AFC, Deni Syamsudin dengan tetap menggunakan protokol kesehatan covid-19.

“Seluruh peserta dibagikan masker dan peserta membawa handasnitizer. Kemudian mereka dites suhu sebelum kepelatihan dan tetap jaga jarak. Untuk menghindari penyebaran virus corona, peserta juga belatih fisik untuk meningkatkan imun demi kebugaran tubuhnya,” tutur Asep.

Dijelaskan dia, pra lisensi D Pelatih ini untuk memberikan penyegaran dan berfungsi untuk menambah pegetahuan tentang dasar teknik melatih sepak bola dengan baik. Program ini merupakan program kerja Askab PSSI Majalengka.

“Pak Deni ini satu-satunya instruktur berlisensi AFC di Jabar. Di sela kesibukannya, ia memberikan materi kepelatihan kepada peserta . Ini sangat membanggakan karena instruktur yang berlisensi AFC di Indonesia masih bisa dihitung jari,” kata Asep.

Diungkapkan dia, Asprov PSSI Jabar sudah memberikan lampu hijau kepada Kabupaten Majalengka untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kursus pelatih lisensi D Nasional dan C2 wasit nasional setelah kondisi normal.

Seorang peserta asal Desa Cidulang Kecamatan Cikijing, Nono S Rizal mengaku dirinya baru kali ini mengikuti pra lisensi kepelatihan sepak bola yang diselenggarakan Askab PSSI. Dia mengaku selama ini melatih PS GSC Desa Cidulang dengan bekal pengetahuan seadanya dan otodidak.

“Kami bersyukur bisa mengikuti pra lisensi pelatih ini. Semoga bisa bermanfaat,” ujarnya.

Sementara instruktur pelatih Deni Syamsudin mengapresiasi kinerja Askab PSSI Majalengka yang menyelenggarakan pra lisensi D. Askab PSSI Majalengka menjadi satu-satunya di wilayah Ciaumajakuning yang dapat menyelenggarakan pra lisensi pelatih ini.

“Para pelatih yang melatih klub, PS dan SSB harus memiliki sertifikat lisensi pelatih sesuai tingkatan dan ketentuan,” tandasnya. (ara)

 

News Feed