oleh

Galeri Herty Elit Luncurkan Batik Raharja

MAJALENGKA-Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) tahun 2020 tidak diselenggarakan panitia, karena pandemi covid-19. Tapi keberadaan galeri batik Herty Elit di Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran tidak bisa dilupakan oleh para peresert Moka beberapa tahun lalu.

Seperti yang diungkapkan Annashrullah, Jajaka tahun 2017. Penuturan Annas, Moka Majalengka punya banyak pengalaman menarik dengan Herty Elit.

“Sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Majalengka, kami sangat bangga dengan adanya Herty Elit karena seluruh karya motif batiknya sangat merepresentasikan Majalengka. Baik dari sisi budaya, pariwisata maupun sejarahnya,” tutur Anas.

Diakuinya, beberapa motif juga pernah dipakai untuk kebutuhan photo shoot. Di antaranya Motif Beunteur, Simbar Kancana, Goong, Kota Angin, Nyi Rambut Kasih, Ki Bagus Rangin dan Spektakuler.

“Insya Allah photoshoot ini rencananya untuk mengupgrade galeri & brosur Herty Elit,” ujarnya.

Sementara itu, pegawai Herty Elit, Sofie Lulu menuturkan motif terakhir yang dibuat oleh maestro batik Majalengka, Heri Suhersono adalah batik khas Majalengka Raharja.

Terpisah, Pemilik Galeri Batik Herty Elit di Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran, Heri Suhersono dirinya telah membuat motif Raharja sesuai visi Kabupaten Majalengka yang telah dicanangkan oleh Bupati DR H Karna Sobahi, MMPd.

“Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi dengan visi Raharja yang telah ditetapkan Pak Bupati Karna Sobahi, kami sudah membuat motif dan batik Raharja. Semoga bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat,” tutur suami Uti Sayuti SPd ini,

Maestro lukisan bordir dan batik Majalengka ini menyebutkan motif batik pertama yang dibuat motif buah maja. “Motif batik buah Maja ini awalnya dibuat untuk lukisan bordir kemudian dikembangkan untuk motif batik tapi belum dibuat dalam jumlah banyak dan masal serta hanya beberapa potong saja sebagai contoh,” ujar Heri. (ara)

News Feed