oleh

Puskesmas Malausma Sosialisasi Kebugaran Jasmani

MAJALENGKA – Puskesmas Malausma bekerja sama dengan guru olahraga menyosialisasikan kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar (SD) tahun 2020 dengan lintas sektor di masa pandemi Covid-19, Selasa (11/8). Agenda tersebut untuk meningkatkan kesehatan guru dan siswa.

Promotor kesehatan Puskesmas Malausma Oop Mustofa SKep Ns mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali setiap Agustus. Meskipun sedang pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan memberikan instruksi untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan bakteri sehingga sosialisasi program kebugaran tetap digelar.

Sosialisasi tidak hanya kepada guru, tetapi siswa. Mereka juga diimbau untuk berolahraga agar kondisi badan terjaga meskipun melalui media daring.

“Olahraga rutin agar anak-anak tetap aktif dan sehat, nanti yang menyampaikan kepada siswa tentu guru yang bersangkutan,” terangnya.

Meski tengah menghadapi pandemi Covid-19, kegiatan kesehatan tetap harus dilaksanakan. Yang membedakan tahun lalu tidak memakai masker dan tidak begitu menerapkan protokol kesehatan. Tahun ini situasinya sangat mengkhawatirkan. Sehingga protokol kesehatan harus diterapkan guna mencegah penularan virus corona.

Dia berharap dan meminta semua unsur bekerja sama menghadapi virus yang berbahaya. Sosialisasi protokol kesehatan menurutnya bukan hanya peran puskesmas. Tetapi juga peran orang tua terhadap anaknya dan guru terhadap siswa-siswinya.

“Kita tidak pernah tahu siapa yang berpotensi tertular dan menularkan. Contohnya ada masyarakat yang ke luar rumah dan tidak tahu sudah dari mana atau sudah melakukan apa, setidaknya ketika menerapkan protokol kesehatan hal yang tidak diingkinkan bisa dicegah,” pungkasnya. (iim)

News Feed