oleh

Pemerintah Desa Wangkelang Terus Berinovasi

MAJALENGKA – Sejak dilantik sebagai Kepala Desa Wangkelang Kecamatan Cingambul tiga tahun lalu, Deni Suherman langsung menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Termasuk melakukan Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes). Salah satu fokusnya adalah membangun sarana olahraga di desa.

Deni mengatakan, selama kepemimpinannya, ia sudah mewujudkan beberapa pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Seperti membangun jalan pertanian, gang, dan pembangunan lainnya. Termasuk pembangunan lapang futsal dan bola voli dalam satu tempat.

“Pembangunan yang sudah terlaksana tentunya memudahkan akses untuk masyarakat,” kata Deni.

Selain pembangunan jalan untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat, dirinya bersama perangkat Desa Wangkelang lainnya terus berinovasi untuk mengumpulkan pendapatan desa. Saat ini pihaknya sedang membangun gedung serbaguna yang nantinya bisa disewakan baik untuk kegiatan pemerintahan atau acara pernikahan warga.

Pihaknya juga akan membangun dua tempat wisata yaitu wisata religi Bantaragung Bitung, yang berkaitan erat dengan Talagamanggung dan wisata alam Pasir Ranti. Nantinya dua objek wisata tersebut akan dikelola BUMDes Usaha Barokah Desa Wangkelang.

BUMDes Usaha Barokah sudah dibentuk dan berjalan, seperti usaha kerajinan tas dan usaha lain. Penghasilan BUMDes nantinya membantu pembangunan desa untuk lebih maju. Selanjutnya Deni berharap ada dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, dan pemkab untuk segala inovasi Desa Wangkelang.

“Ketika desa maju dan berkembang, masyarakat juga akan terbantu khususnya dari sisi perekonomian menuju ke kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Saat meninjau lapangan futsal dan lapangan bola voli, Selasa (15/9), Camat Cingambul Nono Heryano SIP mengapresiasi dan menyambut baik pembangunan itu.

“Tentu ini akan menggali bibit potensi untuk peningkatan pendapatan asli desa, yang nantinya akan berdampak baik untuk masyarakat,” jelasnya.

Sebagai camat, dirinya mendorong program desa dalam memajukan dan menggali potensi di desa masing-masing. Ketika sudah muncul daya tarik khususnya wisata, kuliner atau potensi lainya, hal itu akan meningkatkan dan membantu masyarakat agar lebih sejahtera. (iim/adv)

News Feed