oleh

Kaur Perencanaan Desa Mirat Diisi Perempuan

MAJALENGKA– Kaum perempuan mulai mengisi bagian-bagian penting di pemerintahan. Seperti halnya di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding. Pemdes Mirat mempercayai seorang perempuan sebagai kepala urusan perencanaan.

“Kami yakin dengan mengangkat satu perangkat desa perempuan sebagai kepala urusan perencanaan ini akan mampu berpengaruh terhadap pembangunan,” jelas Kepala Desa Mirat, Asep Sumekar, usai pelantikan, Jumat (16/10).

Menurutnya, kaum perempuan terus bermunculan menjadi pemimpin dan bisa ikut aktif dalam roda pembangunan di berbagai daerah. Perempuan juga merupakan salah satu penentu keberhasilan pembangunan daerah dan sudah banyak membuktikan layak sejajar dan diberi peran seperti kaum laki-laki.

Pelantikan tersebut sebagai implementasi dari SOTK sebagaimana regulasi turunan dari pemerintah. Artinya saat ini SOTK di pemerintahan Desa Mirat sudah full.

“Kami berharap, melalui SOTK baru ini seluruh perangkat desa dapat melaksanakan tupoksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Khususnya bagi setiap kepala urusan diharapkan mampu menjalankan tugas dari pimpinan (kuwu) serta menyerap aspirasi dari warga yang dapat membantu roda pemerintahan dan pembangunan di desa ini,” tandasnya.

Dikatakan, kepala urusan perencanaan desa bertugas membantu sekretaris desa dalam urusan pelayanan administrasi perencanaan desa. mengendalikan kegiatan sesuai bidang tugasnya menyusun DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), DPPA (Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran), dan DPAL (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Lanjutan) sesuai bidang tugasnya, melaksanakan anggaran kegiatan sesuai bidang tugasnya melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja, menandatangani perjanjian kerja sama dengan penyedia atas pengadaan barang/jasa untuk kegiatan.

Disamping itu, menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya untuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes. (ono)

 

News Feed