Al Imam Tiadakan Salat Jumat

oleh -28 views
PROTOKOL COVID: Pengurus DKM Al Manar melakukan tes suhu para jamaah yang akan salat Jumat, kemarin (8/5). FOTO: ALMUARAS/ RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA- Pemberlakuan PSBB di Kabupaten Majalengka mendorong pengurus DKM Masjid Agung Al Imam Majalengka untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat kemarin (8/5). Pengurus DKM AI Imam, Endang Rosmana menyebutkan berdasarkan surat edaran dari Gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, pihak DKM Al Imam akhirnya mengeluarkan maklumat yang berisi tidak diselenggarakannya pelaksanaan salat jumat berjamaah di Masjid Agung Al Imam untuk sementara waktu.

Begitu pula di DKM Assakinah Kelurahan Majalengka Kulon Kecamatan Majalengka, penyelenggaraan salat Jumat dan tarawih ditiadakan untuk sementara sesuai edaran dari Gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka.

“Untuk pelaksanaan salat magrib berjaamaah juga dilakukan dengan berjarak 1,5 meter sesuai protokol kesehatan Covid- 19,” kata Ketua DKM Assakinah, Drs Ali Ridwanulloh diiyakan Ketua RW 04 Kelurahan Majalengka Kulon, H Kuslan, kemarin.

Sedangkan di Masjid Babussalam Kelurahan Majalengka Kulon, pelaksanaan salat Jumat berjamaah masih tetap dilaksanakan. Sekretaris DKM Babussalam, Yusuf Abdul Latif mengatakan pelaksanaan salat tarawih di masjid yang berada disamping Kelurahan Majalengka Kulon sudah ditiadakan. “Sedangkan salat Jumat masih diadakan di Masjid Babusalam,” ujarnya.

Begitu pula di Masjid Al Manar Persis Kelurahan Majalengka Kulon, pelaksanaan salat Jumat (8/5) masih dilaksanakan. Petugas Gugus Tugas Covid-19 DKM Al Manar, H Dani Mulyana menyebutkan, pihaknya selain menyediakan masker gratis dan alat cuci tangan untuk para jamaah juga mengukur suhu para jamaah yang akan melaksanakan salat Jumat. “Karena banyak masjid yang tidak menyeenggarakan salat Jumat maka jumlah jamaah di Al Manar jadi membludak,” ujar H Dani kepada Radar usai salat Jumat, kemarin.

Disebutkan, untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19, Pengurus DKM Al Manar melakukan tes suhu para jamaah yang akan salat Jumat. “Bagi jamaah yang suhu badannya tinggi tidak diperkenankan untuk ikut jamaah,” tegasnya.

Sedangkan di Masjid Jami Desa Leuwikidang Kecamatan Kasokandel pelaksanaan salat Jumat tidak dilaksanakan. Tokoh agama Desa Leuwikidang, H Rohmat SPd Md menyebutkan pelaksanaan salat Jumat di Desa Leuwikidang dilaksanakan di dua musala yang ada di Leuwikidang. “Berdasarkan musyawarah pelaksanaan salat Jumat di masjid Jami tidak ada dan warga melaksanakan di dua musala,” ujarnya. (ara)

No More Posts Available.

No more pages to load.