Antisipasi Kebakaran Lapas, Cek Berkala Arus Listrik

oleh -5 views
RUTIN CEK: Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Majalengka melakukan pengecekan saluran arus listrik seperti kabel yang terdapat di seluruh ruang tahanan sebagai antisipasi menghindari terjadi kebakaran.

MAJALENGKA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Majalengka melakukan sejumlah antisipasi menghindari terjadi kebakaran di dalam lapas. Salah satunya, melakukan pengecekan saluran arus listrik seperti kabel yang terdapat di seluruh ruang tahanan napi.

Kepala Lapas (Kalapas) Majalengka, Suparman mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan kegiatan antisipasi kebakaran paska insiden di Lapas Tangerang. Melainkan, sudah sering dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. “Kami lebih masifkan lagi pengecekan, terutama kabel-kabel yang sudah usang di dalam hunian warga binaan, ditakutkan korsleting listrik terjadi,” ujarnya, Rabu (8/9).

Sebagai upaya pencegahan juga, Lapas Majalengka melakukan pemeliharaan secara berkala. Terkait instalasi kebakaran sendiri, Suparman mengaku di Lapas Majalengka diklaim sudah memadai.

Pihaknya juga sudah menyediakan Apar sebagai upaya pencegahan dini kebakaran. Selain itu telah bekerjasama dengan Damkar Majalengka untuk terus melakukan upaya pencegahan-pencegahan.

Insiden kebakaran yang menewaskan kurang lebih 40 napi di Lapas Tangerang, membuat seluruh lapisan masyarakat berduka. Suparman juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas peristiwa tersebut.

“Tentunya kami turut berdukacita atas apa yang terjadi di Lapas Tangerang. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan yang selamat yang luka-luka bisa segera sembuh kembali,” jelasnya.

Suparman menambahkan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait evakuasi limpahan napi dari Lapas Tangerang. Namun, jika nantinya ada, pihaknya mengaku siap menerimanya. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.