Berprestrasi! Kabupaten Majalengka Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2021

oleh -6 views
Kabupaten Majalengka meraih penghargaan Kabupaten Sehat tahun 2021 kategori Padapa, dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Istimewa)
Kabupaten Majalengka meraih penghargaan Kabupaten Sehat tahun 2021 kategori Padapa, dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menyelenggarakan penghargaan Swasti Saba atau Penghargaan Kabupaten dan Kota  Sehat Tingkat Nasional tahun 2021.

Penghargaan tersebut bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang konsisten menerapkan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Tahun ini, Pemerintah Kabupten Majalengka berhasil meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat atau Swasti Saba tingkat nasional tahun 2021 dengan kategori Padapa.

Bupati Majalengka secara simbolis menerima penghargaan tersebut secara virtual, di Gedung Yudha, Rabu (17/11/2021).

Penyelenggaraan penghargaan Swasti Saba tingkat nasional tahun 2021 digelar terpusat di Jakarta, disaksikan para kepala daerah penerima penghargaan.

Hadir mendampingi bupati, Sekda Majalengka, Ketua TP-PKK Kabupaten Majalengka, para staf ahli, asisten daerah, para kepala OPD, Dirut RSUD Majalengka dan Dirut RSUD Cideres.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan. Penghargaan Swasti Saba juga bentuk apresiasi kabupaten/kota yang membebaskan sedikitnya 60 persen desa/kelurahan dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

KKS adalah kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Sedangkan tujuan KKS adalah tercapainya kondisi kabupaten/kota untuk hidup bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain. Sehingga meningkatkan sarana dan produktivitas perekonomian masyarakat.

Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd mengucapkan terima kasih kepada para kepala OPD, elemen masyarakat, pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semua yang telah membantu menciptakan Majalengka Kabupaten Sehat.

Alhamdulillah Kabupaten Majalengka berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat atau Swasti Saba tahun 2021. Penghargaan ini bukan hanya berupa simbol, tetapi harus diimbangi dengan memberdayakan masyarakat untuk senantiasa hidup sehat,” ujar bupati.

Bupati menambahkan, anugerah Kabupaten Sehat juga harus diimbangi dengan penurunan tingkat stunting dan penurunan angka BABS.

Untuk mewujudkan target tersebut, Pemkab Majalengka menurutnya sudah menambah anggaran di APBD tahun 2022. Sehingga Kabupaten Sehat bukan hanya sekadar gelar tapi benar-benar meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. (iim/adv/radarmajalengka)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.