Bupati Dorong Kemajuan Koperasi

oleh -2 views
PENGHARGAAN: Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd memberikan penghargaan kepada Ketua Ketua KPRI Saluyu, Edi Kusnadi SKM MM. FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd menegaskan pentingnya berkoperasi, dan juga mendukung pengembangan UMKM. Hal tersebut diungkapkan saat membuka kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 tingkat Kabupaten Majalengka di Lapang Tenis Setda, Kamis (16/09).

Pengembangan koperasi di Kabupaten Majalengka perlu terus di dukung pertumbuhan dan perkembangannya. Walaupun dalam perjalanannya ada pasang surut perkembangan perkoperasian. Tetapi keberadaan koperasi dan sistem usaha yang dikembangkan telah banyak memberikan manfaat secara ekonomi dan membantu kehidupan perekonomian masyarakat di pedesaan.

“Untuk mendukung peningkatan koperasi, saya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Bupati Majalengka tentang gerakan penumbuhan koperasi komunitas di pedesaan sinergis dengan BUMDes,” tegas bupati.

Pada kesempatan tersebut, bupati nengucapkan terima kasih kepada gerakan koperasi dan anggotanya yang telah berpartisipasi pada kegiatan gerakan koperasi perduli dampak Covid-19, dengan memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemi.

Dalam masa pandemi sekarang ini pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM telah memfasilitasi para usaha kecil menengah dengan memberikan bantuan modal.

Pemerintah akan terus berupaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Majalengka,  dengan harapan banyak usaha kecil menengah dari yang sebelumnya kelas kecil menjadi menengah dan besar.

Untuk mendukung pengembangan UMKM, pemerintah telah memfasilitasi para pedagang dengan menyiapkan tempat berjualan seperti skywalk, pusat jajanan taman Raharja,  Rest area Cikebo, pusat jajanan taman eks mapolres serta gerai khusus produk UMKM dengan retail lainnya.

“Saya meminta kepada para kepala dinas agar di setiap kegiatan dan di kantornya untuk menyuguhkan produk makanan hasil lokal. Ini  sebagai wujud meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita,” imbau bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan UKM Dr Ir H Sadili MSi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Koperasi dan hasil produk UKM sehingga mereka bisa terus berkembang.

Selain itu pemerintah terus berupaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Kabupaten Majalengka dengan bekerja sama  Perusahan Daerah Sindangkasih Multi Usaha menjadi off taker yang membeli produk UMKM.

“Beberapa produk unggulan yang telah difasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM berupa kopi Majalengka, olahan produk ringan, peci, batik dan lainya,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan sertifikat penghargaan kepada 10 koperasi terbaik serta penyerahan hadiah lomba lagu mars koperasi.

*KOPERASI TERBAIK

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Saluyu     Majalengka meraih peringkat ketiga sebagai: koperasi berkualitas tingkat Kabupaten Majalengka. Penyerahan piagam penghargaan diberikan Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd.

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (K2UKM), Mohamad Yud  Prasetiadi,  SSos mengatakan, peringkat pertama koperasi berkualitas tingkat Kabupaten Majalengka diraih Koperasi Hikmah Kantor Kemenag, peringkat kedua Primkopol Polres Majalengka, peringkat ketiga KPRI Saluyu, peringkat keempat KPRI Pendidik Rajagaluh dan peringkat kelima KPRI Mitra Sejahtera. 

Sementara itu, Ketua KPRI Saluyu, Edi Kusnadi  SKM MM menyatakan bersyukur bisa meraih  peringkat ketiga sebagai koperasi berkualitas tingkat Kabupaten Majalengka.

Pria yang menjabat Kepala Puskesmas Kadipaten mengungkapkan, Koperasi Saluyu melaksanakan RAT  ke- 59 Tahun  Buku  2020  di lantai 2 Koperasi Saluyu Majalengka secara virtual perwakilan pada Februari 2021 lalu.

Berdasarkan RAT tersebut, jumlah  total  anggota Koperasi Saluyu mencapai 1,359, dan yang hadir mengikuti RAT langsung 69 orang termasuk undangan virtual zoom meeting di Dinkes, 32 puskesmas, 2 RSUD yakni Cideres dan Majalengka. Menurut data absensi berjumlah 1.114 orang. “Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami,” ujarnya.

Edi yang juga Ketua Dekopinda Kabupaten Majalengka mengatakan, KPRI Saluyu  memiliki visi terwujudnya pelayanan yang optimal untuk meningkatkan kesejahteraan  anggota. Dengan misi  meningkatkan profesionaliame pengelolaan koperasi,  meningkatkan mutu manajemen tata kelola yang transparan dan akuntabel.

Selain itu, misi lainnya adalah meningkatkan partisipasi aktif anggota sebagai pengguna jasa koperasi, mengoptimalkan sumberdaya untuk meningkatkan pelayanan dan usaha koperasi. Dapat melakukan kerja sama usaha yang saling menguntungkan dalam rangka pengembangan koperasi.

Koperasi  Saluyu kini memiliki aset sebesar Rp24.274 miliar, sedangkan  pada tahun 2019  nilai asset mencapai Rp25.019 miliar. Penurunan terjadi dikarenakan upaya pengurus untuk mengurangi pinjaman kepada perbankan, khususnya BNI.

Dijelaskan, Koperasi Saluyu memiliki aset produktif  berupa gedung senilai Rp403,898 juta. Gedung tersebut selain untuk keperluan organisasi dan tempat pengelolaan koperasi juga disewakan pada bagian aulanya. Tahun ini mendapatkan  uang sewa sebesar Rp21,850 juta, jasa sewa ruangan toko  sebesar Rp 21 juta,  sewa ruangan kios-kios sebesar Rp10,763 juta. Selain itu memiliki aset gedung apotek senile Rp340,686 juta dengan laba usaha  yang baik sebesar Rp100,787 juta. (ono/ara/opl) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.