Cakupan Vaksinasi di Majalengka Sudah 65 Persen, Sekda: Masyarakat Tetap Taat Prokes

oleh -5 views
Animo masyarakat cukup tinggi untuk divaksin guna mencegah tertularnya virus Covid-19 dengan mendatangi Puskesmas munjul (Foto: Almuaras/Radar Majalengka)
Animo masyarakat cukup tinggi untuk divaksin guna mencegah tertularnya virus Covid-19 dengan mendatangi Puskesmas munjul (Foto: Almuaras/Radar Majalengka)

MAJALENGKA – Cakupan vaksinasi Kabupaten Majalengka tercatat sudah lebih dari 65 persen dari sasaran semua kelompok.

Angka itu melampaui target pemerintah, sehingga turun di level 2 dari PPKM Darurat Jawa-Bali.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, H Gatot Sulaeman AP MSi meminta masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk menghindari ancaman peningkatan kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pihaknya akan berupaya mendorong untuk meningkatkan kepatuhan prokes agar proses penularan Covid-19 dapat dicegah di tengah situasi pandemi yang mulai membaik.

“Kami selalu informasikan kepada masyarakat melalui sosialisasi agar masyarakat tetap disiplin prokes,” ungkapnya, Selasa (6/12/2021).

Gatot mengatakan, prokes harus terus ditingkatkan seiring dengan upaya pengendalian pandemi yang lainnya. Karena, saat ini tingkat kepatuhan prokes mengalami penurunan, terutama kepatuhan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Kami juga terus mendorong peningkatan penerapan protokol kesehatan di setiap wilayah di Kabupaten Majalengka. Kami akan terus terus memantau dan dipastikan prokes tidak kendor,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan beberapa pekan terakhir ini, kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan terus berkurang. Hal ini harus diwaspadai, apalagi sebentar lagi akan memasuki periode liburan Nataru.

Di mana peningkatan mobilitas harus benar-benar ditekan dan jangan sampai terjadi kerumunan.

Diskominfo akan terus memantau perkembangan di lapangan dan menerapkan berbagai kebijakan sesuai dengan tingkat situasi di berbagai wilayah di Majalengka.

Implementasi kebijakan mencakup upaya mendorong semua elemen masyarakat, agar terus disiplin prokes dan menahan mobilitas selama Nataru.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka, H Drs H Eman Suherman MM mengajak, lapisan masyarakat untuk tidak lelah dan terus memperkuat disiplin prokes jelang periode libur Nataru.

“Ini diperlukan agar tren kasus Covid-19 yang terkendali dapat terus dipertahankan, meski di tengah peningkatan mobilitas yang terjadi jelang akhir tahun,” katanya.

Pihaknya berharap, tidak terjadi lagi lonjakan kasus. Juga mengajak bersama-sama dan bergotong royong untuk menjaga dan meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi.

Pihaknya bersama Satgas Covid-19, akan terus memperketat penerapan prokes. Sedangkan masyarakat diimbau untuk mematuhi aturan yang berlaku, tetap pakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan dan bijak bepergian.

“Prokes adalah senjata penting untuk mencegah terjadinya penularan. Hal ini demi kepentingan bersama. Jika abai dalam menerapkan prokes, maka penularan kasus akan semakin bertambah dan upaya pemerintah untuk masyarakat kembali normal akan menemui banyak kendala,” pungkasnya. (ono/radarmajalengka)

Baca juga: