Dari 330, Baru 3 Desa Pilot Poject Peduli SDGs

oleh -28 views
Bappedalitbang Kabupaten Majalengka menggelar pelatihan di Hotel garden Majalengka, Selasa (30/11/2021). (Foto: Istimewa)
Bappedalitbang Kabupaten Majalengka menggelar pelatihan di Hotel garden Majalengka, Selasa (30/11/2021). (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Majalengka, Drs H Yayan Sumantri MSi mengungkapkan, dari 330 desa baru 3 desa yang menjadi pilot project Program Peduli SDGs (Peningkatan Kolaborasi Pemerintah Daerah untuk Melokalkan dan Meningkatkan Pencapaian SDGs).

Ketiga desa tersebut adalah Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi, Desa Mekarmulya Kecamatan Kertajati dan Desa Nanggerang Kecamatan Leuwimunding.

“Amanat Undang-undang harus 330 desa di Kabupaten Majalengka, tapi kita baru 3 desa dulu sebagai pilot project,” kata Yayan usai membuka kegiatan pelatihan di Hotel Garden Majalengka, Selasa (30/11/2021).

Yayan mengharapkan agar pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dalam mengoptimalkan pembangunan desa, sehingga berkontribusi nyata dalam mendukung pencapaian SDGs di Kabupaten Majalengka.

“Ke depannya, saya ingin perencanaan pembangunan di desa lebih selaras dengan prioritas pembangunan di kabupaten. Sehingga dapat semakin menyejahterakan masyarakat setempat, serta mendukung pencapaian SDGs di Kabupaten Majalengka,” harapnya.

Sementara itu, Project Officer B_Trust, Mokh Ikbal mengatakan, dalam 2 tahun terakhir, program ini telah berfokus pada peningkatan kapasitas OMS yang diarahkan sebagai bagian dari persiapan untuk berkolaborasi dengan pemerintah, terutama pemerintah desa dalam mendukung penerapan SDGs di Kabupaten Majalengka.

Menurut Ikbal, kolaborasi dalam mendukung dan menerapkan SDGs tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan rencana kerja inovasi berskala kecil di desa digagas oleh OMS dan didukung program ini.

”Setelah peningkatan kapasitas OMS, maka yang penting selanjutnya adalah pelatihan pemerintah desa agar kolaborasinya nanti semakin sukses dan semakin kontributif,” kata Ikbal.

Pelatihan dilaksanakan Selasa (30/11/2021) dan Rabu (1/12/2021) menghadirkan narasumber dari Bappedalitbang Kabupaten Majalengka, B_Trust dan Kepala Desa Putridalem Keecamatan Jatutujuh.

Adapun peserta pelatihan yakni kepala desa, sekretaris desa, dan ketua BPD/LPMK Desa Bantaragung, Desa Mekarmulya dan Desa Nanggerang.

Turut serta dalam pelatihan ini perwakilan dari 3 OMS yaitu Serikat Petani Majalengka (SPM), Lembaga Penelitian Advokasi dan Pendidikan Demokrasi (LAPD) dan Jatiwangi Art Factory (JaF). (ara/opl/radarmajalengka)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.