Dibuat Untuk Ruang Ekspresi, Bangunan Seni Budaya Cisambeng Sebentar Lagi Jadi

oleh -36 views
Bangunan seni di Desa Cisambeng diperkirakan rampung akhir Desember ini. (Foto: Anwar Baehaqi/Radar Majalengka)
Bangunan seni di Desa Cisambeng diperkirakan rampung akhir Desember ini. (Foto: Anwar Baehaqi/Radar Majalengka)

MAJALENGKA – Bangunan itu sebentar lagi finish. Dinding maupun pondasinya terlihat kokoh dan megah.

Luas bangunan berukuran 8 x 7 meter berdiri megah di Blok Rebo Desa Cisambeng Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Diperkirakan akan beres total pada akhir bulan Desember 2021.

Bangunan megah tersebut diperuntukkan khusus sebagai ruang seni budaya untuk warga Cisambeng. Namun, bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya yang mengusung seni budaya lokal wilayah lain, dengan tetap melibatkan warga Cisambeng.

Forum Keserasian Sosial Warga Sadesa atau FKS-WS Desa Cisambeng-Palasah ini sebelumnya telah menggelar berbagai kegiatan dialog tematik.

Tema-nya “Mitigasi Konflik Sosial, Menuju Keutuhan Bangsa”. Dialog tersebut telah digelar pada 11 Oktober 2021 lalu, membahas tentang pendirian bangunan ruang seni budaya, sekaligus peruntukkannya.

Ketua Forum FKS-WS, Ade Duryawan mengatakan, masih banyak program yang akan dilaksanakan oleh FKS-WS, terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis rumahan.

“Dalam waktu dekat FKS-WS pun akan segera menggelar pengolahan produksi tahu-tempe, tentunya yang lebih berkualitas, serta pendampingan wirausaha rumahan,” ujarnya, Senin (13/12/2021).

Ade Duryawan mengungkapkan, pembangunan ruang seni budaya dan kegiatan tematik itu digelar sebagai upaya untuk mengurai ketegangan konflik sosial antar warga desa Cisambeng, juga sekaligus untuk memperkokoh rasa kekeluargaan di kalangan warga Cisambeng.

“Unsur pemerintahan desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari berbagai blok di desa Cisambeng kompak untuk bersama-sama memajukan Cisambeng ke arah yang lebih baik,” ungkapnya. (bae/radarmajalengka)

Baca juga: