Goa Jepang Butuh Sentuhan Kreatif

oleh -25 views
BERPOTENSI: Goa Jepang di Kelurahan Tonjong berpotensi menjadi wisata. FOTO:Istimewa/radar majalengka

MAJALENGKA-Goa Jepang yang berada tak jauh dari Markas Kodim 0617 Majalengka  membutuhkan sentuhan tangan kreatif warga. Goa yang sudah direnovasi tersebut berada di Kelurahan Tonjong, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka dan berpotensi menjadi tempat wisata.

“Sayangnya, belum ada pihak-pihak yang tertarik untuk mengembangkan potensi wisata ini. Sehingga masih sepi dikunjungi. Padahal jika ini di manfaatkan, bisa mendongkrak wisata sejarah,” ungkap aktivis mahasiswa Anggi Priyatno.

Anggi menyebut latar Goa Jepang itu bisa digunakan untuk sarana pemotretan bagi para pehobi fotografi. Selain itu, Goa Jepang bisa dikembangkan sebagai wisata sejarah. Maka dari itu, ia pun menyarankan, pemerintah untuk melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Bisa dengan menghadirkan bekas senjata Jepang, meriam, tank, bahkan manekin para tentara Jepang. Kemudian, para pengunjung seperti menyaksikan tragedi masa lalu,” sarannya.

Selain itu dirinya juga menambahkan, bahwa Goa Jepang itu, dikenal sebagai Bunker Tjigasong pada masa pendudukan Belanda dan kemudian Jepang datang dan menguasainya pada 1947.

Di tempat itu ada dua bunker, dengan masing-masing memilki dua pintu masing yang saling terhubung dengan ruangan utama berukuran 5 X 5 meter. Pintu masuk Bunker berukuran 1,8 meter dan memiliki pintu plat besi yang masih kokoh.

“Goa Jepang juga menjadi saksi bahwa perlawanan rakyat Kabupaten Majalengkaterhadap penjajah begitu menggelora. Kendati demikian, saya harap ada sejarawan yang bisa mengungkap kisah atau sejarah Goa Jepang yang valid,” harapnya. (Bae)

No More Posts Available.

No more pages to load.