Jalan Alternatif Majalengka Menuju Kuningan Longsor

oleh -14 views
LONGSOR: Akses jalan alternatif Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka dengan Desa Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan longsor, Selasa (26/1). FOTO: IST / Radar Majalengka

MAJALENGKA – Curah hujan yang tinggi di wilayah selatan Majalengka mengakibatkan jalur alternatif Majalengka-Kuningan longsor, Selasa (26/1). Informasi yang dihimpun, longsor terjadi antara jalan penghubung Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka dengan Desa Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Kapolsek Cikijing, Kompol Toto Sumarto membenarkan adanya longsor tersebut. Longsor diakibatkan oleh hujan deras dengan intensitas yang lama pada Selasa (26/1) sekitar pukul 12.30 WIB di wilayah Kecamatan Cikijing.

“Kejadian itu membuat jalan tidak mampu menahan resapan air. Sehingga menyebabkan jalan penghubung antara Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka dengan Desa Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan longsor. Panjang longsor mencapai sekitar 17 meter dengan ketinggian 15 meter,” paparnya.

Akibat peristiwa itu, akses jalan penghubung Majalengka menuju Kuningan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Sementara, untuk kendaraan roda dua masih bisa melintas namun harus tetap ekstra waspada.

“Ya ini jalan alternatif, waktu peristiwa longsor di Desa Sindangpanji, jalan ini menjadi alternatif menuju Kuningan maupun sebaliknya,” terangnya.

Saat ini petugas dari kepolisian maupun TNI dibantu oleh aparat desa setempat berjaga dan mengatur arus lalu lintas. Kejadian ini juga membuat Kapolsek Darma Kuningan, Iptu Bambang Poernomo turun langsung meninjau lokasi bencana.

“Kami imbau pengendara dan masyarakat sekitar hati-hati ketika beraktivitas di sekitar lokasi longsor. Karena, cuaca saat ini sulit diprediksi, ditakutkan akan terjadi longsor susulan,” katanya. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.