Juru Kunci Terima Kadeudeuh dari Bupati

oleh -30 views
KADEUDEUH: Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd memberikan kadedeuh kepada 125 juru pelihara (jupel) alias juru kunci situs dan makam keramat se-Kabupaten Majalengka

MAJALENGKA– Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd  memberikan kadedeuh  kepada 125 juru pelihara (jupel) alias juru kunci situs dan makam keramat  se-Kabupaten Majalengka di Aula Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan (Disparbud), Selasa (4/5). Penyerahan kadedeuh dilakukan sekaligus silaturahmi dan pembinaan,  peningkatan mutu pengelolan cagar budaya.

Bupati dalam sambutanya mengatakan peran juru pelihara atau juru kunci sangat berjasa dalam memelihara situs/makam patilasan yang ada di Kabupaten Majalengka.  “Pelihara situs/ makam keramat dengan baik agar memberikan kenyamanan kepada pengunjung.  Untuk pencegahan penularan virus Covid-19  agar disiplin menerapkan prokes,” kata bupati.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Majalengka akan memperhatikan para juru kunci dengan menaikkan honor. Selain itu situs yang sudah didata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus terus dijaga supaya keberadaan cagar budaya dan situs dapat terpelihara.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten  Majalengka Dr Hj Lilis Yuliasih  MPd saat ini juru pelihara/juru kunci yang terdata sebanyak 125. Pada tahun 2021 ini diberikan honor perbulan sebesar  Rp120 ribu..

Seorang juru kunci asal Lingkungan Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa , Kamsa (65)  mengaku sudah 15 tahun menjadi juru kunci dan merasa senang  mendapat  kadedeuh dan bingkisan dari bupati. (ara) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.