Kepala Desa Kawunghilir Hj Yosa Novita Launching 6 Program

oleh -21 views
UNTUK MASYARAKAT: Kepala Desa Kawunghilir yang baru saja dilantik, Hj Yosa Novita me-launching sedikitnya enam program, Sabtu (24/7). FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Kepala Desa Kawunghilir yang baru saja dilantik, Hj Yosa Novita me-launching sedikitnya enam program. Sebagian program bahkan telah berjalan.

Enam program tersebut meliputi, sektor pendidikan, kesehatan, renovasi dan perbaikan infrastruktur, sektor ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan sektor pertanian.

Sektor pendidikan, program kursus bahasa Inggris dan komputer ini, bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia atau SDM Kawunghilir, terutama anak muda remaja. Tujuannya agar muda mudi Kawunghilir lebih siap menghadapi tantangan global.

“Program pendidikan ini diperuntukkkan bagi anak pelajar kelas 4, 5 dan 6 sekolah dasar. Anggarannya telah disiapkan dari uang saku pribadi saya, bukan dari dana lainnya,”ujar Kades Yosa.

Sektor kesehatan, Kuwu Yosa telah memesan armada ambulans. Mobil ambulans tersebut sebagai upaya untuk melayani masyarakat Kawunghilir, untuk mengantar orang sakit berobat, atau untuk keperluan yang sifatnya kesehatan. Mobil ini akan datang pada tanggal 7 Agustus 2021 mendatang.

“Memang berletter Jakarta, karena saya beli pakai uang pribadi. Kita tahu, situasi sekarang ini sektor kesehatan menjadi yang utama,” ujar Kades Yosa Novita, ketika launching program, Sabtu (24/7).

Sektor renovasi dan perbaikan infrastruktur, Kades Yosa juga telah menyiapkan rencana perbaikan, diantaranya perbaikan atau renovasi gada-gada desa, renovasi dapur kantor kepala desa, juga pengadaan pengeras suara. “Itu juga penting, supaya semuanya serba nyaman dan cepat, sehingga efisien untuk melayani masyarakat Kawunghilir,” ujarnya.

Sektor ekonomi, Kepala Desa Yosa menambahkan pihaknya telah menyediakan uang pinjaman tanpa bunga sepeserpun untuk masyarakat Kawunghilir. Saldo yang telah disiapkan yakni Rp200 juta.

“Untuk para UKM di Kawunghilir, supaya tidak lagi meminjam ke bang emok,” ungkapnya.

Sektor kesejahteraan, Kades Yosa menambahkan pihaknya pun telah merancang program penambahan insentif untuk guru Paud, Guru madrasah, hansip, ketua RT, ketua RW. Penamabahan insetif ini sebagai upaya menyemangati tenaga pendidik tersebut.

Yang ke enam yakni sektor pertanian, Kades Yosa akan membagikan beras yang dihasilkan dari padi yang ditanam di tanah bengkok yang merupakan bagian dari gaji kepala desanya. “Berasnya ya, bukan padi, berasnya saya bagikan untuk masyarakat Kawunghilir,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Cigasong, Dony mardiansyah SS Tp mengatakan, sesuai arahan bupati Majalengka, acara diadakan dengan pembatasan orang. Protokol kesehatan ketat, termasuk keluarga yang menghadiri acara itu dibatasi.

“Kami melihat visi misi Bu Kuwu Kawunghilir terpilih dan telah dilantik itu sangat memuaskan. Pesan saya, tetap koordinasi dan jalin sinergitas yang baik. Agar tidak terjadi salah faham. Komunikasi harus seimbang dengan pamong dan pihak kecamatan, juga unsur pemerintah desa lainnya,” ungkap camat.

Sementara itu, tokoh masyarakat, Iim Ibrahim SSos SR  MM mengatakan launching program Kuwu Kawunghilir terpilih ini bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Desa Kawunghilir. “Semoga bisa didukung oleh semua warga,” ujarnya.

Iim menambahkan untuk program penidikan, dirinya pun sangat mengacungi jempol. Sebab, program itu akan mendidik siswa-siswi sekolah dasar di Kawunghilir bisa denga fasih berbahasa Inggris dan menguasai ilmu komputer. “Program kerja ini sangat bagus untuk mencerdaskan anak-anak Kawunghilir, sebagai generasi penerus bangsa yang handal. Semoga bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya. (ara/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.