Keren! Begini Strategi Bupati Karna Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Majalengka

oleh -40 views
Bupati Majalengka, H Karna Sobahi meminta semua dinas menjadi "dinas pariwisata" di acara Kolaberaksi Fest di Bukit Kanaga Kecamatan Cikijing. (Foto: Istimewa)
Bupati Majalengka, H Karna Sobahi meminta semua dinas menjadi "dinas pariwisata" di acara Kolaberaksi Fest di Bukit Kanaga Kecamatan Cikijing. (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka saat ini tengah menyiapkan strategi dalam mengembangkan potensi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Salah satu dari strategi yang ingin dikembangkan, menurut Bupati Majalengka H Karna Sobahi ialah membuat semua dinas menjadi “Dinas Pariwisata”.

“Saya sudah instruksikan semua dinas jadi dinas pariwisata,” ujar Karna saat menghadiri agenda Kolaberaksi Fest yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di objek wisata Kanaga Hill di Kecamatan Cikijing, Sabtu (30/10).

Bupati juga menjelaskan, yang dimaksud sebagai dinas pariwisata di atas ialah semua dinas di Kabupaten Majalengka harus ikut membantu menghidupkan sektor pariwisata dan ekonom kreatif. Sebab, pariwisata merupakan salah satu sumber ekonomi yang menjadi kekuatan di Kabupaten Majalengka.

Bupati menegaskan simbol pariwisata di dinas itu harus ada, setiap ada agenda di dinas gunakan potensi seni budaya lokal.

Selain itu, bisa menampilkan seni budaya atau pertemuan bisa dilaksanakan di objek wisata di Majalengka.

“Ibu-ibu PKK sudah saya minta mau senam mau rapat mau apa di objek wisata. Kan ada pemasukan tiket dan lainnya,” ucapnya.

Karna juga berpesan kepada seluruh dinas yang ada untuk tidak menutup diri dalam menyampaikan informasi terkait potensi yang ada.

Manfaatkan dan bekerja sama dengan media, karena selama ini terlalu diam dan tertutup sehingga orang tidak tahu potensi Majalengka.

Bupati juga sangat mengapresiasi agenda Kolaberaksi Fest yang didalamnya dilaksanakan berbagai kegiatan.

Seperti Lauching Calender Of Event, Lauching Inovasi “Pasbising”, Deklarasi Komitmen Chese, Expose Desa Tematik Kreatif dan Launching Lagu Kanaga Hill.

Dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Majalengka, dan diharapkan kedepan seluruh elemen masyarakat bersatu untuk meningkatkan potensi wisata demi kesejahteraan masyarakat.

“Kita harus sadar Majalengka ini kaya. Kaya dengan seni kaya dengan adat, kaya UMKM kaya akan kuliner, kaya akan wisata. Tugas kita bagaimana memberdayakan memanfaat potensi itu untuk kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, H Iding Solehudin SSos MP menambahkan, bahwa salah satu dampak yang disebabkan pandemi Covid-19 di sektor wisata ialah terjadi penurunan kunjungan wisata.

Tercatat pada Tahun 2019 kurang lebih 700 ribu pengunjung dalam satu tahun datang.  Sedangkan pada saat pandemi Covid-19, tahun 2020-2021 teecatat hanya ada 200 sampai 250 ribu pengunjung.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan di tahun 2022 akan melaksanakan berbagai event dalam rangka meningkatkan wisatawan.

Iding berharap pandemi hilang di muka bumi dan pihaknya akan berupaya membangun kembali dan bangkit dari keterpurukan.

“Bahkan kegiatan Kolaberaksi Fest ini juga sebagai wujud komitmen, bentuk rasa syukur untuk terus meningkat potensi wisata dan kita juga telah berkomitmen bersama untuk menjaga kebersihan, kemananan wisata dan bersama-sama mendukung dalam pemenuhan ekonomi,” pungkasnya. (iim/adv/radarmajalengka)

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.