Kesadaran Warga Mulai Muncul

oleh -23 views
PENCEGAHAN: Satgas Covid-19 Leuwimunding membagikan masker pada pengendara sepeda motor.

MAJALENGKA – Kesadaran masyarakat tentang Covid-19 mulai tumbuh. Hal tersebut ketika munculnya salah seorang warga yang terkonfirmasi positif, warga langsung melaporkan ke pemerintah desa setempat.

“Seperti kasus yang dialami oleh warga kami beberapa hari lalu. Bahkan yang bersangkutan inisiatif melaporkan sendiri kepada aparatur pemerintah Desa Leuwimunding pasca diterpapar Covid-19,” kata Kepala Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Aang Rukman Lesmana, belum lama ini

Aang menyebutkan, pandemi hingga sekarang ini menyisakan salah seorang warganya berstatus aktif. Yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19 saat melakukan swab secara mandiri bersama keluarganya setelah dinyatakan kontak erat. Kejujuran ini sangat penting untuk menekan jumlah terkonfirmasi positif, terutama di Leuwimunding yang merupakan kasus terbanyak sejak pandemi lalu.

Pihaknya mengapresiasi warga tersebut yang komunikatif melaporkan kepada pemdes kemudian diteruskan ke Satgas Covid-19 kecamatan. Karenanya Pemdes langsung memenuhi kebutuhan apapun mulai dari sembako hingga kuota internet guna memantau perkembangan warga yang sedang isolasi mandiri tersebut.

“Sebelumnya memang kami sudah menyebar nomor telepon mulai dari kepala desa hingga ketua RT. Alhamdulillah kesadaran warga saat ini mulai tumbuh karena berani jujur menginformasikan gejala yang dialami setelah hasil swab dinyatakan positif Covid-19,” jelas Aang.

Sejak warganya menjalani isolasi mandiri, pihaknya sepenuhnya memasok logistik keinginan dari setiap orang yang tengah menjalani isolasi mandiri. Sebab jangan sampai ketika di suruh diam di rumah namun tidak mencukupi kebutuhan. Dirinya tidak menginginkan warga yang menjalani isolasi mandiri itu sampai tersiksa. Kejujuran dinilai sangat penting untuk menekan angka terkonfirmasi positif.

“Kronologi itu bermula saat yang bersangkutan mesuk daftar kontak erat setelah istrinya lebih dulu terpapar. Setelah sembuh, kemudian dia yang merupakan (suaminya) juga terkonfirmasi. Sekarang tinggal beberapa hari lagi selesai isolasi. Dan saat komunikasi by phone tidak mengalami kondisi buruk, karena merupakan pasien tanpa gejala,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 kecamatan Leuwimunding, Aay Kandar Nurdiansyah SSTP mengungkapkan saat ini hanya tersisa satu orang positif covid. Yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Saya mengapresiasi dengan pro aktifnya masyarakat ketika menemui gejala hingga kontak erat selalu komunikatif melaporkan baik kepada Pemdes hingga Satgas kecamatan. Sehingga jumlah kasus di Leuwimunding dapat ditekan,” tandasnya. (ono)

No More Posts Available.

No more pages to load.