Kuliah S1 sampai S3 Kian Mudah, Bupati Resmikan Sentra Layanan UT Majalengka

oleh -40 views
PERESMIAN SALUT: Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd, dan Rektor UT, Prof Ojat Darojat MBus PhD meresmikan Salut Majalengka di Komplek SMA PGRI 1 Majalengka, Rabu (22/9). FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA– Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa di Kabupaten Majalengka, Universitas Terbuka (UT) meresmikan Sentra Layanan UT (Salut) di Kabupaten Majalengka  bertempat  di Komplek SMA PGRI 1 Majalengka, Rabu (22/9).

Acara peresmian dihadiri Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd, Kepala Dinas Pendidikan Dr Hj Lilis Yuliasih MPd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Hendra Krisnawan SSTP, Rektor UT, Prof Ojat Darojat MBus PhD, direktur UT Bandung, dan mitra. Sedangkan 100 kepala SMA/ SMK dan guru BK di Kabupaten Majalengka serta KCD wilayah IX Provinsi Jawa Barat  hadir secara virtual.

Acara peresmian Salut Majalengka ditandai dengan prosesi membunyikan sirine dan penarikan kain penutup identitas Salut oleh bupati dan rektor UT yang didampingi direktur UT Bandung. 

Acara peresmian Salut Majalengka digelar dengan protokol kesehatan ketat, dan semua tamu undangan termasuk panitia sudah menjalani tes swab sebelum menghadiri acara.

Bupati Karna Sobahi sangat mengapresiasi keberadaan Salut Majalengka. Menurut Bupati Karna, dengan adanya Salut Majalengka, UT dapat secara berkelanjutan ikut berpartisipasi menyukseskan program pemerintah dalam memberikan pemerataan akses pendidikan di Kabupaten Majalengka, dan sejalan dengan program unggulan program pembangunan Kabupaten Majalengka tahun 2019-2023 yakni penguatan sistem pendidikan yang mandiri, berkarakter dan bermutu.

Orang nomor satu di Pemkab Majalengka ini, mengaku sudah lama kenal dengan Universitas Terbuka. Ia bercerita saat umrah pada 2007 lalu ada seorang perawat yang sedang menjalani  ujian di Universitas Terbuka.

“Dengan adanya Universitas Terbuka rakyat dipermudah untuk belajar, bisa sambil menggembala, dan  adanya Salut di Majalengka akan menambah kekuatan  perguruan tinggi di Kabupaten Majalengka   dan semakin banyak pilihan untuk  masuk perguruan tinggi,” beber mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka ini.

Sementara itu, Rektor UT, Prof Ojat Darojat MBus PhD menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua unsur masyarakat terutama dari pihak Pemerintah Kabupaten Majalengka kepada UT. Sehingga UT dapat terus berkiprah memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Majalengka. 

Prof Ojat  menyatakan jumlah Salut yang dimiliki UT sudah mencapai 54 se-Indonesia. Di wilayah kerja UT Bandung sendiri sudah berdiri tiga SALUT yaitu di daerah Cirebon, Baleendah Bandung, dan Majalengka. “Keberadaaan Salut merupakan salah satu ujung tombak UT di lapangan, dan kami yang akan datang ke rumah-rumah untuk memberikan kuliah.

Ia menyampaikan bahwa di setiap Salut diwajibkan adanya perangkat komputer dalam jumlah memadai yang terkoneksi dengan internet. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan berbagai sumber layanan UT, termasuk dalam mengikuti tutorial online, tutorial webinar, hingga ujian online.

Ditambahkan, Salut adalah fasilitas layanan UT yang berada di kota/kabupaten dan didirikan untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Salut didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan instruktur IT yang dikelola oleh mitra UT.

Menurutnya, pada masa pandemi ini, mahasiswa  tidak datang  ke kampus,  tapi justru  pihak UT  yang datang ke rumah rumah-rumah. ”Di Universitas Terbuka dari registrasi,  bahan ajar,  hingga tes akan dilakukan secara online dan  sesuai harapan Pak Presiden Jokowi yang ingin pendidikan bisa dinikmati hingga ke pelosok- pelosok,” tuturnya.

Di tempat sama, Ketua Salut Majalengka, H Joko  Setiyono Kom mengharapkan  dengan hadirnya Salut Majalengka dapat berkontribusi dalam dalam peningkatan SDM di Kabupaten Majalengka, dan memfasilitasi masyarakat Majalengka untuk mendapatkan pendidikan jenjang S1, S2 dan S3 ke perguruan tinggi negeri melalui Universitas Terbuka.

“Semoga dengan hadirnya Salut Majalengka dapat memberikan  kemudahan   bagi  masyarakat Majalengka untuk mendapatkan layanan kuliah di Universitas Terbuka  yang  mudah dan murah, tapi berkualitas,” pungkasnya. (ara/adv/opl) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.