Mantap! Di Majalengka, Tidak Ada Lagi RT Zona Merah Covid-19

oleh -4 views
ILUSTRASI. Virus Covid-19
ILUSTRASI. Virus Covid-19

MAJALENGKA – Memasuki akhir November tahun ini selain cakupan vaksinasi cukup baik, di Kabupaten Majalengka juga tidak ada Rukun Tetangga (RT) yang masuk zona merah.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka mencatat dari jumlah 6.557 RT, sampai awal pekan ini tidak ada lagi zona merah penyebaran Covid-19.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Majalengka, H Agus Susanto mengaku bersyukur karena hal itu baru diperoleh sejak PPKM diberlakukan pada bulan Juli lalu.

“Zona merah tingkat RT alhamdulilah sudah nihil. Semoga dapat mempertahankan ke depannya,” jelas Agus, Senin (29/11/2021).

Ia menyebutkan sampai saat ini juga, penambahan kasus Covid-19 hanya berjumlah dua orang. Berbeda pada Minggu (28/11/2021) kemarin naik sembilan orang. Penambahan kasus baru itu berasal dari satu kecamatan, yaitu Ligung.

“Kasus di kami itu sudah landai. Apalagi cakupan vaksinasi kami sudah mencapai target di atas 50 persen. Begitu penetapan level juga kami sudah di level 2,” sebutnya.

Namun, Agus mengingatkan setiap pencapaian pengendalian Covid-19 adalah peringatan agar tetap taat protokol kesehatan dan melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 secara bertanggung jawab.

Menurutnya kemungkinan Majalengka kembali ke zona merah (level 4) jika tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas.

“Kita pasti akan kembali ke zona merah, jika kita tidak disiplin. Jangan sampai kita jadi pemicu naiknya kasus kembali,” imbaunya.

Ia menambahkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di Kabupaten Majalengka diketahui karena cakupan sasaran vaksinasi sudah mencukupi. Penetapan itu juga hasil assessment Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap risiko infeksi Covid-19. (ono/radarmajalengka)

Baca juga: