Pastikan Kesehatan Hewan untuk Kurban

oleh -26 views
HEWAN KURBAN: Kelompok ternak di Blok Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa, Majalengka menyediakan hewan untuk kurban. FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Panitia penyembelihan hewan kurban mulai ancang-ancang untuk memilih  hewan terutama  sapi  untuk  dipotong pada Idul Adha 1442 Hijriah mendatang. Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Majalengka, dokter hewan (drh) Kresna Nurdin mengingatkan agar panitia memperhatikan kesehatan dan kelaikan hewan kurban yang akan dipotong  nanti.

Dijelaskan, ciri-ciri hewan kurban di antaranya  hewan berdiri dengan 4 kaki, hidung lembap dan napsu makannya bagus. “Kalau  hewan  mulutnya kering, berarti hewan itu  sakit,” kata Kresna kepada Radar, di sela meninjau kelompok ternak di Blok Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa, Majalengka,  kemarin.

Disebutkan, pihaknya dua minggu atau seminggu menjelang Idul Adha akan keliling  melakukan  pemeriksaan tehadap hewan kurban terutama di penyedia hewan kurban. “Kalau hewan kurban sehat,  maka akan diberi pin sebagai tanda sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban di RTTK Majalengka, Doni Haryadi mengatakan, pihaknya harus selektif dan teliti   dalam memilih hewan kurban terutama sapi. Tahun ini ada 5 ekor sapi yang akan disembelih pada momentum Idul Adha nanti.

“Kami  ingin memastikan kondisi sapi sehat dan layak kurban, demi menjaga kepercayaan   masyarakat,” ujar Doni diiyakan Ketua Dewan Pembina RTTK, Nurhanudin.

Harga  sapi  menjelang Idul Adha biasanya meningkkat  bervariasi  dari harga Rp20 juta hingga Rp40 juta perekor. Peserta kurban di RTTK  perorangnya untuk sapi bisa memilih untuk harga Rp3,8 juta  atau Rp4,8 juta ukuran sapi super. (ara) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.