Pemkot Cirebon Genjot Vaksinasi Covid-19 Agar Terbentuk Herd Immunity

oleh -3 views
Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon di Stikes Mahardika, Kamis (7/10). (Foto: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)
Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon di Stikes Mahardika, Kamis (7/10). (Foto: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM)

CIREBON – bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bakal melakukan serbuan vaksinasi langsung ke rumah warga atau secara door to door.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati ditemui usai meninjau vaksinasi yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon di Stikes Mahardika, Kamis (7/10).

Wakil Walikota Cirebon meminta agar Tim Medis Lanal Cirebon untuk bisa mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan vaksinasi.

“Cara door to door ini yaitu kita menjemput bola memberikan vaksinasi Covid-19 untuk warga yang tidak bisa keluar rumah. Khususnya orangtua yang sudah usia lanjut,” ungkapnya.

Menurut Hj Eti, sistem jemput bola tersebut bisa dilakukan di setiap RW seluruh Kota Cirebon, sehingga dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di Kota Cirebon.

Menurut Wakil Wali Kota, sinergi yang dilakukan dengan berbagai pihak membuat percepatan vaksinasi Covid-19 akhirnya bisa dilakukan di Kota Cirebon.

“Bahkan saat ini, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai 76,77 persen. Penambahan juga terjadi setiap hari seiring dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang juga dilakukan setiap hari di berbagai tempat di Kota Cirebon. Saya titip agar protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan siap melaksanakan serbuan vaksinasi door to door ke rumah warga.

“Kita sudah siap, tinggal nanti ada tim dari Lanal yang melaksanakan untuk door to door,”katanya.

Terkait stok vaksin, Danlanal menjamin ketersediaan stok vaksin masih aman. “Kami meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, vaksin jenis Sinovac, Pfizer, hingga Astrazeneca sudah masuk ke Kota Cirebon. InsyaAllah stok aman. Alhamdulillah pemerintah pusat sudah mulai mengirimkan berbagai macam vaksin ke Cirebon,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Afif, stok vaksin yang ada di Lanal Cirebon sebanyak 5 ribu vial. Digunakan kesempatan tersebut seribu vial. Dalam waktu dekat akan datang lagi 10 ribu vial. “Stok vaksin TNI AL cukup,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga: