Peringati HK PKK ke-49, Bupati Karna: Organisasi Ini Punya Kekuatan yang Luar Biasa

oleh -16 views
Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd menyerahkan hadiah perlombaan pada peringatan HKG PKK ke-49 tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka di Lapangan tenis Setda Kabupaten majalengka, Rabu (13/10). (Foto: Istimewa)
Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd menyerahkan hadiah perlombaan pada peringatan HKG PKK ke-49 tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka di Lapangan tenis Setda Kabupaten majalengka, Rabu (13/10). (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA –  Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi  MMPd  sebagai Pembina TP PKK Kabupaten menghadiri dan memberikan sambutan pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Majalengka  betema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” bertempat di Lapangan Tenis Setda Kabupaten Majalengka, Rabu (13/10).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Tarsono D Mardiana, unsur Forkopimda Kabupaten Majalengka beserta istri, Staf Ahli Bupati, para Asisten Daerah, seluruh kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Majalengka, Ketua TP PKK Kabupaten beserta seluruh Pengurus TP PKK, Ketua DWP Kabupaten Majalengka beserta  para anggota, para Pimpinan Perbankan dan BUMD, Ketua TP PKK Kecamatan dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Karna Sobahi mengatakan, PKK merupakan kekuatan yang luar biasa yang terstruktur. Dari mulai tingkat pusat sampai dengan tingkat desa yang dalam kesehariannya harus berbagi dengan mengurus keluarga, sebagai pendamping suami yang terefleksikan dalam TP PKK.

Selanjutnya, Bupati Karna mengingatkan bahwa kesehatan dan ekonomi menjadi kekuatan utama bagi masyarakat. Landainya kasus Covid-19 menjadikan pergerakan ekonomi di Kabupaten  Majalengka mengalami peningkatan.

“Tetapi turunnya kasus harus tetap diwaspadai, jangan sampai landainya kasus menjadi bumerang bagi kita semua. Untuk itu TP PKK berperan penting, PKK sebagai kekuatan yang tak terkalahkan oleh apapun yang mempunyai jiwa spirit, apalagi seorang perempuan yang mempunyai karakter khusus dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Karna didampingi Wabup Tarsono, Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka  dan Ketua DWP Kabupaten Majalengka  memberikan penghargaan Adhi Bhakti Madya kepada para Kader PKK yang telah mengabdi selama 15 tahun. Dan, penyerahan hadiah perlombaan.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka, Dra Hj Dedeh Nurhayati MPd menyatakan Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 Program Pokok PKK.

Menurut Hj Dedeh Karna Sobahi, peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. Serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan. Yaitu, masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini memasuki tahun ke-49 dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan menuju Indonesia Maju.

Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK dalam hal ini tim penggerak dan kader di seluruh pelosok, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Makna lainnya bahwa gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu  menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan mpembangunan nasional.

Diungkapkan istri Bupati Karna Sobahi ini, saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Sejak merebaknya pandemi Covid-19, Kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak) serta 3T (Testing,Tracing dan Treatment).

Pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 serta Gebrak Masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini adalah salah satu bentuk peran aktif PKK.

Berdasarkan hasil olah data laporan yang disampaikan oleh TP PKK Provinsi, telah terdistribusi 41,3 juta masker yang tersebar diseluruh provinsi dan telah dilakukan testing berupa rapid/swab test gratis kepada 51.850 orang peserta pada peringatan Hari Ibu Tahun 2020.

Dirinya yakin, masih banyak yang sudah dilakukan oleh para kader PKK di tingkat  desa/kelurahan namun belum semua dilaporkan. Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Maju, masih dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks. Utamanya terkait isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi Covid-19, kerusakan lingkungan serta isu lainnya.

“Hal tersebut semakin menegaskan bahwa keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah, harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan nasional maupun daerah,“ papar Dedeh yang membacakan sambutan  Ketua Umum PKK, Ny. Tito Karnavian. (ara/adv/radarmajalengka) 

Baca juga: