Rp7,7 M untuk Renovasi Alun-alun Jatiwangi

oleh -31 views
FORUM JAF: Bupati DR H Karna Sobahi MMPd, ditemani Wakil Bupati (Wabup), Tarsono D Mardiana bersama sejumlah OPD menghadiri Furum 27-an JAF, Sabtu sore (27/2). FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd untuk kali pertama menghadiri acara Furum 27-an yang diselenggarakan Jatiwangi Art Factory (JAF) di Galery Jebor  Hall  JAF  Jalan  Makmur No. 71 Desa  Jatisura  Kecamatan  Jatiwangi, Sabtu  sore (27/2).

Pada kesempatan itu hadir pula Wakil Bupati (Wabup), Tarsono D Mardiana bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yakni, Kepala Disparbud, DR Hj Lilis Yuliasih MPd, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Hendra Krisniawan SSTP, Kadis Perindag, Drs Maman  Sutiman.

Semula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, H Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan menghadiri acara rutin setiap bulan tersebut. Tetapi berhalangan datang, diwakili oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur  Dr IR Hari Santosa Sungkari MH serta Direktur Infrastruktur Destinasi dan Infrastruktur, Selliane Ishak SKom MSi. “Kami meminta maaf, Pak Menteri  Sandiaga Uno mendadak ada rapat dengan Pak Presiden. Mudah-mudahan bulan depan bisa hadir,” ujar Hari yang hadir langsung di Galery JAF.

Bupati Karna  menyatakan  dampak  adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan  banyak  pekerja yang di-PHK  sehingga menjadi beban  baru. Tapi beruntung di Kabupaten Majalengka  tidak ada yang kelaparan. Bupati Karna berharap  dengan  Forum- 27-an JAF  ini  bisa menangkap peluang untuk mengembangkan UMKM dan Ekonomoi kreatif.

Diakuinya, Majalengka terpilih sebagai  Kabupaten kreatif oleh pemerintah pusat tidak lepas dari  peran dan dukungan JAF. ”JAF memiliki peran yang luar biasa dalam mewujudkan Majalengka sebagai kabupaten kreatif. Pemkab Majalengka bertekad mengembangkan terakota sebagai produk unggulan yakni berbahan tanah liat yang dibakar, selain genteng. Diharapkan Majalengka  bisa  membentuk terakota yang  memiliki karateristik sehingga bisa menjadi unggulan,” katanya.

Pada tahun 2021 ini Alun-alun Jatiwangi  akan direnovasi dengan  nuansa  terakota senilai Rp7, 7 miliar. Tak hanya itu, pagar perkantoran  pemerintahan di pusat Kota Majalengka dari arah Munjul akan dibangun dengan nuansa terakota.

Founder JAF, Aief Yudi  menyatakan perwakilan JAF, H  Ginggi  M Hasyim bersama tim mendapatkan undangan pameran  sedunia di Jerman pada Maret 2021 mendatang.  “Kami bersyukur JAF tidak  hanya mewakili Indonesia tapi menjadi satu satunya peserta dari Asia Tenggara yang diundang mengikuti  pertemuan pameran senirupa international di Jerman,” ujar Arif  Yudi. (ara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *