RS Mitra Plumbon Majalengka Menjadi RSU Tipe C

oleh -100 views
GRAND OPENING: Dari kiri: Direktur RS Mitra Plumbon Majalengka dr Luthfiah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka dr H Harizal F Harahap, dan Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd menggunting pita saat peresmian RSU Mitra Plumbon Majalengka didampingi Direktur PT Mitra Plumbon Majalengka Ir Saraswati Gondotesna (paling kanan). FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Setelah melalui proses yang panjang, RS Mitra Plumbon Majalengka akhirnya menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe C di Kabupaten Majalengka. Hal tersebut seiring dengan digelarnya acara peresmian Rabu (19/1) di ruang auditorium RS Mitra Plumbon Majalengka, Jl Raya Barat Pasar Prapatan, Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya.

Direktur RS Mitra Plumbon Majalengka dr Luthfiah mengungkapkan, proses yang panjang ini diawali pada tahun 2007 sebagai Rumah Bersalin Mitra Prapatan, disusul tahun 2009 menjadi klinik bersalin dan balai pengobatan Mitra Prapatan.

Kemudian di tahun 2012 menjadi Klinik Pratama Mitra Prapatan, tahun 2015 menjadi Rumah Bersalin Mitra Plumbon Majalengka.

“Pada tahun 2016 menjadi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Mitra Plumbon Majalengka. Alhamdulillah pada tanggal 13 Desember 2021 kemarin, kami telah memperoleh izin operasional menjadi Rumah Sakit Umum kelas C Mitra Plumbon Majalengka,” paparnya.

Menurut dr Luthfiah, Rumah Sakit Mitra Plumbon Majalengka berdiri di atas lahan seluas 5.073 meter persegi, dengan luas bangunan 11.340 meter persegi. Saat ini ada beberapa jenis pelayanan di antaranya instalasi rawat jalan, meliputi spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis saraf, medical chek up.

Disamping itu, instalasi rawat inap dengan kapasitas 104 tempat tidur, instalasi gawat darurat 24 jam, instalasi laboratorium 24 jam dan instalasi radiologi.

“Kami juga sudah menyusun rencana strategis Rumah Sakit Mitra Plumbon Majalengka, untuk upaya pengembangan pelayanan dalam waktu dekat. Yakni menambahkan layanan hemodialisa, fisioterapi, gigi umum dan pelayanan spesialis yang lain,” imbuhnya.

Pelayanan spesialis itu, lanjut dr Luthfiah, spesialis mata, spesialis paru, spesialis THT-KL, spesialis bedah saraf, spesialis bedah ortopedi dan lain-lain. Juga penambahan jenis pemeriksaan radiologi yaitu Ct Scan.

Pihaknya berharap dengan berubahnya tipe rumah sakit yang semula adalah RS khusus ibu dan anak menjadi RSU kelas C semoga pelayanan kepada pasien, pelanggan rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan rujukan akan dapat diberikan dengan lebih lengkap, lebih nyaman, lebih cepat, lebih mudah prosesnya dan lebih memuaskan.

“Kami juga telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan asuransi swasta lainnya dengan harapan cakupan pelayanan kami menjadi lebih luas sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selesainya pembangunan rumah sakit sebagai asset Kabupaten Majalengka yang dibangun oleh unsur masyarakat/swasta yang dapat mengangkat nama baik Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd mengatakan keberadaan RSU Mitra Plumbon Majalengka merupakan grand desain prioritas pembangunan kesehatan dalam mewujudkan masyarakat Majalengka Raharja yang dituntut ketersediaannya fasilitas kesehatan.

Dengan bertambahnya fasilitas kesehatan RSU Tipe C ini menjadi sangat penting dan strategis disaat masyarakat memerlukan pelayanan dan perlindungan secara menyeluruh mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Peran aktif RSU Mitra Plumbon Majalengka ini harus terus dipertahankan. Di antaranya memiliki ruangan yang bersih, pegawai ramah, baik, dan santun. Keberadaan RSU Mitra Plumbon Majalengka yang paling utama harus dipertahankan dua hal. Yakni kenyamanan dan keramahan,” pesan Karna.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Direktur PT Mitra Plumbon Majalengka Ir Saraswati Gondotesna, Muspika, seluruh kepala desa se kecamatan Sumberjaya, para OPD. (ono/adv)