Sukamaju Rawan Longsor

oleh -21 views
BAHAYA : Tebing di kawasan Desa Sukamaju Kecamatan Lemahsugih mengalami longsor, Selasa (14/4) malam dan sempat menghalangi pengguna jalan. FOTO: ISTIMEWA/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Majalengka khususnya di wilayah Kecamatan Lemahsugih selama hampir sepekan ini mengakibatkan longsor di jalan protokol Desa Kalapadua menuju Desa Padarek tepatnya di Blok Rancabolang, Desa Sukamaju  Kecamatan Lemahsugih. Kejadian tersebut diperkirakan terjadi Selasa (14/4) pukul 22.00 WIB yang mengakibatkan pohon tumbang menimpa bahu jalan sehingga menghambat arus lalu lintas.

Kepala Desa Sukamaju, Soma membenarkan terjadi longsor yang mengakibatkan akses jalan sulit dilalui para pengendara baik yang hendak ke arah Desa Padarek ataupun ke arah Desa Kalapadua. Setelah menerima laporan  masyarakat, pemerintah desa bersama masyarakat membereskan longsor tersebut.

“Kami bersama-sama membereskan pohon yang tumbang,” ungkapnya.

Dengan kondisi cuaca beberapa hari ini, di daerahnya memang sering terjadi longsor. Sehingga para pengguna jalan perlu waspada karena banyak tebing dan tidak menutup kemungkinan longsor susulan.

Kades sekaligus Ketua Relawan Covid-19 Sukamaju juga menyoroti masalah penanganan Covid-19. Pihaknya bersama tim lain selau mengimbau masyarakat agar selalu bisa menjaga lingkungan dan menjaga diri agar selalu dalam keadaan sehat. Pihaknya juga melakukan penyemprotan dan pembagian masker sebagi upaya menghindari penyebaran virus corona.

Soma menyebutkan sesuai surat edaran dari pemerintah warga yang datang dari perantauan harus diisolasi selama 14 hari. Adapun warga yang belum isolasi selama 14 hari dan ngeyel keluar rumah langsung ditegur dan dinasehati, agar memahami situasi saat ini untuk diam dulu di rumah yang juga untuk kebaikan masyarakat.

Mantan aktivis PMII Majalengka sekaligus Kadus Rancabolang, Hendra Rojudin SP menambahkan pihaknya selalu mengingatkan warga yang untuk selalu membiasakan diri mencuci tangan dan ketika beraktivitas selalu menggunakan masker. Hendra berharap upaya yang dilakukan dalam memutus mata rantai Covid-19 dengan cara penyemprotan cairan disinfektan di berbagai tempat khususnya fasilitas umum, bisa bermanfaat dan mengheindarkan dari wabah virus corona.

Terkait longsor, Hendra berharap pengendara selalu berhati-hati saat melewati jalan tersebut. Apalagi jalan dipenuhi tanah yang terkena air sehingga ketika dilalui licin.

“Semoga ada bantuan untuk pembangunan drainase dari instansi terkait, setidaknya bisa mengurangi bencana longsor dan supaya air tidak masuk ke jalan yang mengakibatkan jalan berlubang bahkan rusak parah dan membahayakan pengendara. (iim)