Wangi Sejahtera Untung Rp47 Juta

oleh -223 views
UNTUNG: BUMDes Wangi Sejahtera Desa Garawangi Kecamatan Sumberjaya menggelar musyawarah laporan akhir tahun kegiatan usaha selama tahun 2020. FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wangi Sejahtera Desa Garawangi Kecamatan Sumberjaya menggelar musyawarah laporan akhir tahun kegiatan usaha selama tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor kepala desa dihadiri pemerintahan desa, BPD, LPM, karang taruna, RT, RW, tokoh masyarakat, pelaku usaha dan tokoh perempuan.

Ketua BPD Desa Garawangi Oding SPd yang memimpin langsung kegiatan ini mengatakan, total peserta 50 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Direktur BUMDesa Wangi Sejahtera, Sep Haryanto mengatakan, sejak berdiri tahun 2017 kegiatan usaha BUMDes sebisa mungkin setiap tahun harus dilaporkan perkembangannya kepada masyarakat.

“Karena hal ini sangat penting mengingat laju perkembangan ekonomi di desa Garawangi ditentukan oleh perkembangan kegiatan yang dilakukan oleh BUMDes,” ujarnya, kemarin.

Sejak 2017, BUMDes hanya bermodal Rp50 juta dengan kegiatan usaha pengelolaan limbah industri dari PT Embee Tekstil, usaha perdagangan sembako dan usaha pertanian mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dengan bukti Laba kotor tahun 2020 sebesar Rp91 juta dikurangi biaya administrasi dan umum.

“Sehingga di apat laba bersih sebesar Rp47 juta. Dari total laba bersih sesuai dengan AD/ART BUMDes, kami setorkan untuk PADes sebanyak 20 persen sebesar Rp9,5 juta. Kami berharap ke depan bisa meningkatkan kembali PADes dan memberdayakan warga secara menyeluruh khususnya bagi Desa Garawangi,” bebernya.

Kepala Desa Agus Setiawan didampingi Sekretaris Desa Garawangi Rudiawan mengatakan saat ini laju perkembangan BUMDes cukup baik, walaupun belum sepenuhnya memberdayakan warga secara menyeluruh. Selama musyawarah banyak masukan untuk pengembangan BUMDes ke depan, baik secara regulasi baru dengan terbitnya PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes dan  diharapkan ke depan BUMDes sebagai soko guru ekonomi bagi masyarakat Garawangi.

“Kami bersama BPD akan kembali menggelar musyawarah desa untuk memperbaiki Perdes BUMDes, AD/ART, Perdes Penyertaan Modal dan Perdes Penggunaan PADes BUMDes. Nanti akan digelar musyawarah bersama masyarakat,” tandasnya. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *